Sabtu, 18 Juli 2009

PROFILE PESANTREN NURUL ISLAM

PROFILE

PONDOK PESANTREN TERPADU
NURUL ISLAM BELANG RAKAL
Jl.Bireuen - Takengon Km.45

PROFIL PESANTREN TERPADU NURUL ISLAM



Cikal bakal Pesantren Terpadu Nurul Islam adalah berawal dari Seminar di Cisarua Parung Bogor dan dilanjutkan dengan Lokakarya Peningkatan Sumber Daya Masyarakat Aceh Tengah yang diselenggarakan pada tanggal 23 s.d 24 Agustus 1996 di Takengon. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, kemudian didirikanlah Pesantren Terpadu Nurul Islam dibawah naungan Yayasan Pengembangan Sumber Daya Insani yang peletakan batu pertamanya pada tanggal 23 November 1998 diatas tanah seluas 110 Ha.

Pesantren Terpadu Nurul Islam yang didirikan di Belang Rakal Kec. Pintu Rime Gayo, Kab. Bener Meriah ini adalah wujud dari salah satu upaya pembinaan umat dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Nanggroe Aceh Darussalam umumnya, di Kab. Bener Meriah khususnya

Pembangunan Pesantren Nurul Islam ini dilaksanakan oleh Yayasan Pengembangan Sumber Daya Insani Jakarta. Yayasan ini adalah badan yang mewadahi peningkatan kualitas sumber Daya Manusia diberbagai bidang yaitu : Bidang Keagamaan, Pendidikan, Kemasyarakatan, kebudayaan dan Kesehatan.

Pembangunan Pesantren ini telah dimulai dengan pembangunan sebuah Masjid pada tahun 1998 dan kemudian pada bulan November 1999, mulai dibangun sarana prasarana lainnya.



Adapun Visi dan Misi dari tujuan Pesantren ini adalah sebagai berikut :

Visi : Meningkatkan kualitas Sumber Daya Insani yang mampu bersaing dan memiliki Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Seni, dan Budaya berpedoman pada Al-qur’an dan Hadits.

Misi : Menyiapkan Manusia yang bertaqwa dan mampu mengemban tugas Rahmatan Lil’alamin dengan membuka cakrawala keimanan siswa mengembangkan potensinya agar mampu menempuh kehidupan melalui kerja yang berakal Ilmu Pengetahuan.

Tujuan :Mendidik Siswa menjadi manusia yang bertaqwa, berahklaq mulia dan berkualitas, baik meneruskan Pendidikan yang lebih tinggi maupun memasuki lapangan kerja dengan keterampilan yang memadai.


Dengan adanya gedung dan fasilitas pendukung lainnya, sangat membantu kelangsungan Pendidikan yang berada di Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah.


ORGANISASI KELEMBAGAAN
Pesantren Terpadu Nurul Islam berada dinaungan sebuah Yayasan bernama Yayasan Pengembangan Sumber Daya Insani.

Dalam pengelolaan Pesantren ini Yayasan Pengembangan Sumber Daya Insani menjalin kerjasama dengan pihak Yayasan Darunnajah Jakarta, Jln. Ulujami No.86 Pesanggrahan, Jakarta Selatan dalam pengadaan tenaga Pengajar di Pesantren Terpadu Nurul Islam dan ditambah perekrutan tenaga pengajar dari daerah Kab. Aceh Tengah dan Kab. Bener Meriah, sehingga saat ini tenaga pengajar/tenaga administrasi Pesantren Terpadu Nurul Islam berjumlah 35 orang.

KEGIATAN PENDIDIKAN
1.Pendidikan Sekolah.

Adapun jenjang Pendidikan yang dilakukan di Pesantren Terpadu Nurul Islam adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)

Kedua jenjang sekolah ini menggunakan kerikulum terpadu dari Departemen Agama, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta kurikulum Pesantren berupa pelajaran tambahan yang sudah menjadi “Ciri khas” Pesantren Terpadu Nurul Islam.

Kemudian Pesantren Terpadu Nurul Islam membuka SDIT ( sekolah Dasar Islam Terpadu ) yang di buka pada tahun Pelajaran 2009-2010 atas desakan warga sekitar yang menginginkan Putra-putri mereka memasuki jenjang Pendidikan Sekolah Dasar yang berlafaskan Islam dan memiliki ketrampilan di bidang Agama.

2.Pendidikan Luar Sekolah
a. Pendidikan Kepesantrenan
Penyelenggara Pendidikan kepesantrenan dilaksanakan dengan tiga system : system Klasikal, diselenggarakan pada hari Sabtu s.d hari Kamis, mulai dari jam 07.30 Wib s.d 15.20 WIB. Materi Pelajaran yang diajarkan adalah ; Ilmu Nahwu, Sharaf, Muthala’ah, Hadits, Fiqh, Imla, Aqidah Akhlaq/Tauhid, Bhs. Inggris, Bahasa Arab/Durusul Lughah, Tafsir, dan Ilmu Tafsir.

Sistem salafiyah dilaksanakan dengan cara sorogan yang dikelompokkan berdasarkan jenjang Tsanawiyah dan Aliyah dengan system Taujihad dan Irsyadat. Materi yang diberikan pada Pendidikan Kepesantrenan ini meliputi : Fiqh, Tafsir, Hadits,Tauhid dan Akhlaq.

b. Kegiatan Ekstra Kurikuler.
Untuk membekali santri agar menjadi seorang yang mandiri, Pesantren Terpadu Nurul Islam membekali para santrinya dengan berbagai keterampilan, yakni : Kepemimpinan, Teater, Life Skill,Tata Boga, Tata Busana, Silat, Pramuka, Khat/Kaligrafi, Retorika, Qiro’ah, Tahfidzul Qur'an, Komputer, Kesenian, Pertanian dan Peternakan.


Pendiri / Pembina YPSDI
Drs.H.Abdul Wahab Rachmatsjah


Ketua : Drs.Irmansyah,M.Sc
Bendahara : Ipak Nova Saraswati,SH
Sekretaris: Drs.Irwansyah,MSc


Pimpinan Pesantren Nurul Islam : Drs.H.Abu Bakar Bintang,Lc

2 komentar:

  1. Assalamu alaikum,wr,wb

    Tetap berbuat yang terbaik bangi ummat

    Wassalam
    AkrCenter

    BalasHapus
  2. Apakah bisa santri dari pesantren modern az zahra pindah ke pesantren in dan silat dari golongan manakan yang di ajarkan di pesantren ini

    BalasHapus